Perlengkan Untuk Las Argon

Perlengkapan untuk Las Argon _ Perlengkapan saat pengerjaan las haruslah diperhatikan,sewaktu aktifitas las berlangsiung akan terjadi panas apdabenda kerja,hal tersebut bisasaja membuat operator mengalami kecelakaan kecil maupun besar,untuk antisipasi persiapkan hal-hal berikut,Perlu diiningat piihlah perlengkapan yang sesuai standart internasional.

Perlengkapan Keselamatan Saat Pengelasan Argon :


1. Baju Kerja

baju khusus utuk las argon
Pakai baju kerja yang berlengan panjang dengan bahan 100% dari katun.Hindarilah pakain yang terbuat dari bahan Polyster,atau yang mengandung syntetis,dikarenakan bahan tersebut sangat cepat bereaksi ketika terkena percikan api lansung menempel pada kulit.

2. Sarung Tangan Las

kaos tangan las argon
Pilih sarung tangan yang tebal,semakin tebal semakin baik selama tidak mengganggu pergerakan tangan dan pilih yang tahan api.

3. Helm Las Argon

helm untuk las argon
Pilih Helm Las standart internasional yang memiliki lensa tingkat keteduhan 10 sampai 13 yang bisa menghalang sinar berbahaya,juga bisa bisa menjadi gelap secara otomatis.yang pastijuga nyaman dipakai ,kuat dan tahan benturan  setra pilih dari bahan fiber glass.

4. Selalu sediakan APAR(alat pemadam kebakaran)


Alat ini sangat penting fungsinya untuk penambah keamanan selain operator juga lingkungan kerja.Letakkan disekitar lokasi kerja anda,untuk antisipasi apabila terjadi kebakaran.

5.Celana Kerja


 Pastikan celana yang anda kenakan berbahan yang tidak mudah terbakar,saat tertimpa percikan.

6. Pakai kaca mata bening (safety spectacles)


Kegunaannya yaitu melindungu mata saat kita membersihkan kerak yang telah kita las sebelumnya supaya percikan panas tersebut terhalang oleh kacamata.

7. Pelindung Hidung Atau Respirator


Kegunaan pelindung hidung ini saat kita mengejakan pengelasan akan timbul berbagai asap dan gas serta debu dari matrial,maka akan tersaring oleh respirator

8. Prlindung Telinga Atau Hearing Protection


Alat ini berfungsi melindungi telinga dari bunyi yang keras saat kebisingan menggrinda matrial yang akan dipersiapkan saat pengelasan.

9. Sepatu Kerja Las


Fungsinya apabila saat pengelasan berlangsung benda kerja yang berat,tajam juga sangat panas terjatuh maka kaki tidak cidera,pilih sepatu safety yang ujungnya dilapisi baja serta tahan api seperti terbuat dari bahan kulit.

10. Pelindung Dada


Pada bagian dada ini merupakan bagian tubuh yang sangat peka terkena paparan panas serta sinar yang sangat tajam dari mesin las.Pakailah pelindung dada setelah baju las.

terimaka sih telah membaca artikel kami tetang apa saja perlengkapan yang dikenakan saat proses pengelasan argon,anda juga bisa baca artikel lainnya tentang komponen-komponen dari mesin las argon.