Ragum Mesin Frais

Ragum Mesin Frais - Ragum merupakan salah satu alat yang penting digunakan untuk pengerjaan pada mesin frais,fungsinya yaitu menjepit dengan kuat benda kerja yang akan di sayat oleh pisau frai,pada kesempatan ini saya akan menjabarkan penggolongan ragum berdasarkan gerakannya yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu ragum berputar,ragum universal,ragum biasa.

1.Ragum Frais Biasa


Ragum ini digunakan untuk pengerjaan benda kerja yang berbentuk sederhana biasanya penyayatan mendatar saja.pemasangan ragum jenis ini yaitu diikatkan dengan baut ragum ke alur T yang ada pada meja mesin frais.

2.Ragum frais Berputar


Fungsi ragum ini yaitu dipergunakan menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle.bentuk ragum jenis ini mirip dengan ragum bentuk biasa.namun dilengkapi alas yang dapat kita putar sebanyak 360 derajat.Cara pemasangannya sama dengan ragum biasa..Pada bagian tengah ragum ini terdapat skala nonius yang berfungsi untuk menentukan berapa besaran sudut yang akan dikehendaki.

3. Ragum Frais Universal


Ragum jenis ini memiliki dua sumbu perputaran sehingga kita dapat mengatur letak putaran mau ke arah horizontal ataupun vertikal.Ragum ini dapat mengubah arah benda kerja ke berbagai posisi baik Vertikal maupun horizontal sesuai arah penyayatan.
 Sedikit saran apabila ingin digunakan supaya dalam kondisi yang bersih dan baik agar tidak terjadi spelling.
usahakan cek ragum dengan dial indikator supaya sejajar dengan meja mesin,Apabila dial indikator sudah menunjukkan kesejajarannya ragum dengan mesin frais terjamin,maka kencangkan baut ragum secar bersamaan.

Terimakasin telah membaca artikel saya tentang Ragum Pada Mesin Frais,Anda juga bisa membaca Tentang Jenis-jenis Mesin frais