Pakan Ayam Yang Berkualitas

Pakan Ayam Yang Berkualitas - Untuk anda para peternak ayam perlu mengetahuai bahan-bahan apa saja yang sangat untuk dijadikan pakan ayam secara efektif mengembangkan usaha ternak.Bahan untuk pakan ayam dibedakan menjadi dua yaitu pakan ayam untuk sumber energi dan yang satu lagi pakan ayam untuk sumber protein.Dibawah saya akan menunjukan apa saja bahan-bahanyang dibutuhkan untuk membuat pakan sumber energi.Semoga ulasan saya nanti bisa menjadikan pedoman yang baik untuk memulai pembuatan pakan secara mandiri.

Bahan Pakan Ayam Berkualitas


1.Pakan ayam dari dedak

pakan ayam
Bekatul untuk pakan ayam

pakan ayam yang terbuat dari bekatul
Dedak sering juga disebut bekatul,bahan ini merupakan limbah sisa gilingan selep kulit padi yang sudah halus.Bekatul memilii kandungan energi berkisar 700 sampai 2500 kkal/kg yang kandungan seratnya 12%,Dengan berbagai kandungan yang seperti itu sangat cocok untuk dijadikan pakan yang potensial selainharga bekatul yang masih terjangkau,untuk ayam ras bekatul pemakainnya harus di kira-kira sebanyak  maksimal 10%.Kalau untuk ayam kmpung diberikan lebih banyak tidak bermasalah.

2.Pakan ayam dari onggok

pakan ayam dari bahan tapioka
Pakan Ayam

Pakan ayam ini berasal dari olahan ketela sisa tapioka yang mengandung 2956 kkal,onggok ini bisa diberikan ke ayam dengan batasan sampai 10% saja.

3. Pakan Ayam dari Pollard


Pakan ayam ini bersal dari olahan tepung gandum yang juga cocok untuk pakan ayam.Banyak orang menyebut pakan pollard dengan sebutan dedak gandum.Pollard mempunyai kandungan 2600 kkal/kg.Jenis pakan ini memeiliki kelemahan yaitu apabilakita berikan secara banyak terus menerus maka dapat menyebabkan ayam menjadi mencret.Mungkin anda harus memberikan pollard secara dibatasi.


4. Pakan Ayam Dari Jagung Kuning

pakan ayam dari bahan jagung kuning
pakan ayam jagung kuning

Pakan ayam dari jagung sangatlah bagus untuk pertumbuhan ayam namun perlu anda ketahui harga jagung di pasaran sangat mahal ini bisa membuat menjadi tidak ekonomis.Maka dari itu jagung kita gunakan sebagai bahan campuran saja dengan bahan yang lain,kandungan yang dimiliki jagung yaitu 36360 kkal/kg.
Meskipun di pasaran ada berbagai macam jenis jagung pilihlah jenis jagung kuning karena jenis jagung kuninglah yang sangat baik untuk ayam.

5. Pakan Ayam Dari Bahan Hewani

pakan ayam hewani
pakan ayam hewani

Pakan ayam dari hewani sangat baik untuk kesehatan ayam karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi ,contoh pakan dari bahan hewani yaitu bekicot, tepung tulang, tepung ikan, tepung karang,dan keong.

Nah semoga artikel saya bermanfaat untuk anda para pembaca,supaya bisa dijadikan acuan dalam pembuatan pakan ayam secara berkualitas mandiri.