Bagian-Bagian Mesin Drilling (Bor)

Bagian-bagian Mesin Drilling,-Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui tentang mesin drill,mesin ini sangat berguna dan penting dibidang permesinan ataupun kehidupan sehari-hari,lansung saja di bawah ini ada beberapa contoh ganbar komponent dari mesin bor (drilling) tepatnya untuk mesin jenis bor vertikal meja.

Bagian-Bagian Mesin Drilling


1. Dudukan Mesin Drilling (bor) atau BASE

base drilling/dudukan
Bagian ini posisinya terletak pada paling bawah mesin Bor yang ditempelkan pada lantai,Untuk diperhatikan cara pemasangan base ini sangat berkaitan dengan ketepatan ukuran pengeboran,dikarenakan apabila tidak kencang pembautan base ini sewaktu proses drilling berlangsung getarn yang ditimbulkan akan mempengaruhi pergeseran benda kerja.

2. Column Drilling(bor) Disebut Juga Tiang


Pada bagian ini merupakan yang berfungsi untuk menopang semua komponen mesin drilling,Bentuk dari tiang ini yaitu silinder yang ditempeli alur untuk mengoprasikan mesin bor naik turun mata bor mendekati atau menjahui benda kerja, dengan menggunakan spindel juga bisa menggerakkan meja kerja secara vertikal.

3. Meja Drillig (Table)

meja mesin drilling
Untuk meja bor ada juga ang berbentuk lingkaran yang bisa diputar sejauh 360 derajat,porosnya terletak di tengah-tengah meja,pada Table ini masing-masing dilengkapi clamp untuk mengunci meja agar tidak bergerak dan tetap pada posisi yang diinginkan.Fungsi utama table drilling ini yaitu meletakkan benda kerja,bukan brati benda kerja hanya diletakkan begitu saja,akan tetapi pada table ini memiliki alur-alur yang bisa dipasangi baut untuk mengikat ragum,dan benda kita jepit dengan ragum supaya benda kerja tidak bergerak saat pemakanan berlangsung.

4. Mata Driil (bor)

mata drilling mesin bor
Mata bor ini merupakan alat pembentuk lubang,yang paling umum kita temui yaitu mata bor yang memiliki bentuk alur spiral seperti alur baut,mengapa didesain spiral seperti ini? jawabannya yaitu bentuk spiral ini diteliti sangat efektif ketika pemakanan berlangsung bekas sayatan atau sering disebut gram akan mudah keluar mengikuti alur spiral yang ada dan tidak menimbulkan selip,Keunggulan mata bor berbentuk spiral ini yaitu bisa kita asah lagi ketika sudah tumpul,ketika sudah diasahpun tidak akan merubah ukuran diameter bor,bisa juga kita assah dengan sudut 45 derajat untuk membuat countersing baut.

5. Spindel Drilling


spindel drill ini berfungsi untuk menggerakkan chuck pada pencekaman mata drill.

6. Kepala Spindle


Pada konstruksi sepindell ini terletak pada atas mesin bor yang merupakan rumah spindel yang lansung digerakkan oleh belt pada motor dan diatur oleh drill feed handle untuk pemakanan.

7. Drill Feed Handle

handle drilling feed
Bagian ini yang digunakan operator untuk menaikkan atau menurunkan mata bor dalam proses pemakanan.

www.teknikkita.com

8. Motor atau Dinamo mesin Drilling dan kelistrikan 


Motor ini bergerak dengan tenaga listrik  ,kelngkan ini untuk mengatur kecepatan,saklar,lampu on off,dan sekring.
Baca juga artikel tentang mesin milling.